Senin, 15 Juli 2013 - 14:35:33 WIB
Darurat Pilkada Tapanuli Utara 2013
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik - Dibaca: 579 kali

Ditengah gejolak krisis yang melanda dunia saat ini , yang berdampak pada krisis disorientasi bangsa yang juga berdampak pada permasalahan Tapanuli Utara dalam skala mikro, Jumat 5 April 2013, merupakan hari yang istimewa bagi masyarakat kota Tarutung. Seminggu setelah perayaan paskah memperingati hari kematian Jesus Kristus, Tarutung mendapat hadiah yang tak ternilai secara material dari putera-puteri alumni SMP negeri 2 Tarutung yang dipelopori angkatan 77, dalam wadah Tabe_Talitakum melakukan seminar dengan thema : Tapanuli Utara berjuang menjawab zaman. Dua pembicara yang dihadirkan dalam seminar istimewa tersebut adalah Dr. Mamoto Gultom MPH , alumni SMP 2 Tarutung Angkatan 77 dari Jakarta dan Prof.Dr.Hotman M.Siahaan, guru besar FISIP Unair Surabaya.

Dihadiri lebih dari 500 orang undangan ( melebihi undangan panitia ) yang berasal dari 15 kecamatan Tapanuli Utara, anggota DPRD, Ormas dan LSM, utusan Parpol serta para kandidat calon bupati yang akan maju dalam pemilukada 2013 .Acara diawali dengan kebaktian singkat yang dipimpin oleh Pdt.Nekson Simanjuntak M.Th, Kepala Biro Pembinaan HKBP, dan liturgis Kdt.Pdt.Johannes Sibarani M.Div dengan mengambil Roma 12,2 ; “Janganlah kamu serupa dengan dunia ini” sebagai dasar pemikiran iman. Acara dilanjutkan dengan Orasi Ketua Umum Pelaksana Santun Br.Situmorang SH.M.Hum, yang berprofesi sebagai Notaris di daerah Bogor dengan judul Andung ni Bona Pasogit, diiringi alunan Sordam , membuat bulu kuduk berdiri. Setting acara yang memukau sangat terasa dalam penampilan busana warna hitam dan sederhana dari Santun Situmorang ditunjang oleh raut wajah yang melambangkan Si Boru Deang Parujar, sedang menangis, sedih melihat Bona Pasogit dan perilaku pomparannya.

Dr.Mamoto Gultom MPH, sebagai pembicara awal memaparkan tantangan Tapanuli Utara dalam berjuang menjawab zaman. Mengulas secara singkat sejarah pemerintahan Batak dimulai dari pemerintahan tradisional Batak, Hademangon ,Keresidenan Tapanuli, zaman kemerdekaan dan setelah reformasi dengan sistim otonomi daerah. Gultom memaparkan bahwa nama Tapanuli Utara perlu ditinjau ulang, karena saat ini Afdeling Bataklanden ( Tapanuli Utara) yang terdiri dari onderafdeling Silindung, Dataran Tinggi Toba, Tobaholbung, Habinsaran, Samosir, Dairi dan Barus, telah berubah total setelah dimekarkan masing-masing menjadi kabupaten dengan pemerintahan otonomi sendiri.

Untuk menyelesaikan permasalahan Kabupaten Tapanuli Utara yang sangat sulit melepaskan diri dari predikat peta kemiskinan harus dimulai dari hal yang paling mendasar dan spiritual ( partondion). Gultom memaparkan, berbagai issu global yang mengandung kata “utara” perlu penanganan khusus dan luar biasa dan butuh kepemimpinan ,diluar teori-teori kepemimpinan yang baku dalam dunia akademik. Gultom mengambil patokan yang tersurat sebagai narasi yang tidak terbantahkan dalam Jeremia 1:14 : “Sian utara do pul jea tu sandok isi ni tano on”

 

Untuk mengobati penyakit peta kemiskinan Tapanuli Utara, langkah yang paling menentukan,Gultom menawarkan untuk mengganti nama menjadi Kabupaten Silindung. Masyarakat “Taput” perlu menyadari, bahwa Taput sekarang tidak lebih dari masyarakat Silindung . Tanpa kesadaran yang demikian, kerendahan hati, ethos kerja dan pengenalan diri tidak akan tumbuh, malah kesombonganlah yang terpelihara dan berbuah kemalasan dan akan tetap berdampak pada peta kemiskinan. Sebagai pembanding Gultom memaparkan pesat nya kwantitas terutama kwalitas pembangunan yang telah dicapai Balige, Samosir, Dairi , Dolok Sanggul setelah lepas dari predikat Tapanuli Utara.

Jika ingin tetap memakai predikat Tapanuli Utara, dalam momentum pilkada tahun ini, masyarakat Taput diharapkan mampu melahirkan kepemimpinan kerasulan ( apostolic leadership), pemimpin yang mampu menterjemahkan perjalanan spiritual Tapanuli Utara dulu, kini dan di masa yang akan datang. Sebagai fakta sejarah Gultom memaparkan keberhasilan kepemimpinan kerasulan Dr.I.L.Nomensen membangun wilayah Tapanuli Utara dalam waktu yang relative singkat, berhasil melahirkan putera-puteri Tapanuli Utara dalam skala nasional.

Tapanuli Utara saat ini butuh pemimpin namarsahala raja , itulah penekanan Prof.Dr.Hotman M Siahaan dalam paparannya berjudul Budaya Batak, Kepemimpinan, di Era Demokratisasi dan Otonomi. Sebagai identitas, hubungan sosial, termasuk hubungan kekuasaan dalam masyarakat Batak berada dalam konteks ginealogis, yang merupakan suatu kesatuan darah, baik karena ikatan marga atau keturunan ( kinship relation) maupun ikatan perkawinan ( affinity relation) dalam hubungannya dengan territorial, mulai dari peringkat huta, horja dan bius. Konsep huta sebagaimana dideskripsikan Vergowen adalah suatu konsep corporate community atau disebut harajaon. Diluar itu , bahkan konsep-konsep tentang negara pun tidak dikenal dalam dalam Kebudayaan Batak. Masyarakat Batak ( Toba) aslinya tidak mempunyai pengalaman bagaimana berkehidupan bernegara, berpemerintahan, berkerajaan, ataupun berpengalaman sebagai rakyat.

Hotman mengingatkan , substansi kebudayaan Batak Dalihan Na tolu, perlu disadari dan dipahami dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya kata benda tapi harus sebagi kata kerja. Dalam menghadapi sistim pemerintahan yang baru saat ini, mengindikasikan kuatnya fenomena konflik dalam kehidupan masyarakat Batak akibat “kegamangan” yang terjadi dalam dialektika hubungan primer kinsip dan afinitas ginealogis dalam kerangka old nation dengan hubungan sekunder dalam konteks the new state , itulah fenomena konflik orang Batak berakar yang digambarkan Vergouwen : “adalah ciri istimewa orang Batak, untuk mengira bahwa dia selalu benar, dan sebagai akibatnya, soal yang paling remeh pun akan dibuatnya menjadi perkara “ ( manggulut imput ni leang-leang)

Pemimpin Na Marsahala Raja: Ditengah-tengah realitas sosio kultural dan politik saat ini, Tapanuli Utra menghadapi tantangan zaman khususnya dalam mencari pemimpin/ kepala daerah yang berkwalitas bisa tampil ditengah kondisi demokrasi procedural dan oligarkis .Pemimpin adalah seorang yang memiliki kwalitas tertentu, yang bisa mempengaruhi perilaku orang banyak. Dalam budaya Batak pemimpin adalah mereka yang memiliki sahala, yakni sahala harajaon. Yang dibutuhkan masyarakat Tapanuli Utara saat ini adalah pemimpin ( raja) namarsahala raja , bukan raja namarsahala hatoban ( serakah ), bukan raja namarsahala panangko ( koruptor). Seminar ini mengharapkan semoga Tapanuli Utara mendapatkan pemimpin na marsahala raja,; Namangarajai angka na metmet dohot namagodang; lahi-lahi dohot boru-boru; Asa raja i ma parmahan so tumiop batahi, pamuro so tumiop sior, mangaramothon saluhut gomgomanna, sipungka solup, sitiop batuan nasora teleng, hatian so bonaron, mula ni hata na sintong., itulah ciri kepemimpinan kerasulan ( apostolic leadership). Semoga masyarakat Taput mendapatkan pemimpin yang demikian dalam berjuang menjawab zaman. Semoga…………..

sumber :http://forum.detik.com/darurat-pilkada-tapanuli-utara-2013-t677876.html




    20 Komentar :

    obat herbal rematik tulang
    15 Februari 2014 - 09:21:26 WIB

    obat herbal rematik tulang http://goo.gl/eb98Ge
    obat penurun trigliserida tinggi
    15 Februari 2014 - 09:55:09 WIB

    obat penurun trigliserida tinggi http://goo.gl/l7G0lD
    obat luka bekas operasi caesar
    15 Februari 2014 - 10:07:07 WIB

    obat luka bekas operasi caesar http://goo.gl/e3DrqO
    obat radang paru paru alami
    15 Februari 2014 - 10:18:15 WIB

    obat radang paru paru alami http://goo.gl/QZJSVF
    obat tipes tradisional
    15 Februari 2014 - 10:30:47 WIB

    obat tipes tradisional http://goo.gl/oJZuAG
    obat herbal jantung bocor untuk anak
    15 Februari 2014 - 10:42:25 WIB

    obat herbal jantung bocor untuk anak http://goo.gl/aeQBAv
    obat penyakit anemia aplastik
    15 Februari 2014 - 10:54:14 WIB

    obat penyakit anemia aplastik http://goo.gl/964k4r
    penyakit sembelit
    15 Februari 2014 - 11:08:28 WIB

    obat herbal mujarab penyakit sembelit http://goo.gl/Eymw5J
    gejala hernia
    17 Mei 2014 - 07:40:05 WIB

    Thank you for the auspicious writeup. It if truth be told used to be a leisure account it.
    Look advanced to far introduced agreeable from you! By the way, how
    can we keep up a correspondence?
    obat pelangsing yang berkualitas
    19 Mei 2014 - 09:15:44 WIB

    pagi semua semoga hari ini menyenangkan semangat
    http://goo.gl/0Mg2q6
    << First | < Prev | 1 | 2 | Next > | Last >>
    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)